Masjid Agung Demak Kebanggaanku

Masjid Agung Demak merupakan peninggalan sejarah kerajaan Demak yang merupakan kerajaan islam pertama dan terbesar di pulau jawa. Hingga saat ini masih banyak sekali pengunjung dari berbagai daerah yang jauh-jauh datang berkunjung untuk berziarah ke masjid peniggalan para wali songo ini. Masjid Agung Demak menjadi tempat untuk melakukan syiar agama islam sekaligus kebanggaan bagi saya sebagai warga Demak asli.

Menurut sejarah masjid yang terletak di pusat kota Demak ini dibangun oleh para wali, sebagian besar bangunan didominasi oleh kayu jati. Bagian utama bangunan ini ditopang oleh 4 tiang besar yang dikenal dengan soko guru. Salah satu soko yang terkenal adalah soko tatal yang dibuat oleh Sunan Kali Jaga yang makamnya juga berada di Demak. Kenapa disebut soko tatal? Karena tiang atau saka ini dibuat dari serpihan kayu dan dijadikan satu sehingga terbentuk sebuah tiang yang cukup besar dan kokoh.

Masjid Agung Demak


Uniknya hingga saat ini keberadaan Kerjaan Demak belum diketemukan, meskipun proses pencarian masih berjalan hingga saat ini. Beberapa titik sudah dilakukan pengeboran untuk mencari sisa-sisa kerajaan demak di antaranya di alun-alun, di sekitar kabupaten, dan di SMP N 2 Demak (SMP saya ini). Di lokasi masjid juga  terdapat museum yang berisi berbagai peninggalan sejarah yang masih terawat dengan baik. o iya saat ini sedang dibangun museum baru di lokasi masjid lho. Bagi sobat dhany sharing yang belum pernah berkunjung, jangan lupa singgah sebentar di Masjid Agung Demak untuk berziarah atau sekedar berwisata islami.

Masjid Agung Demak

masjid agung demak

masjid agung demak tempo dulu

Mari kita explore kekayaan budaya daerah kita masing-masing agar keberadaannya semakin terkenal dan terjaga supaya anak cucu kita kelak akan bisa menikmatiya juga. Sekali lagi jika hendak pergi atau melewati kota Demak jangan lupa mampir ke Masjid Agung Demak.

Artikel ini ditulis oleh dengan judul artikel Masjid Agung Demak Kebanggaanku
 
Copyright © Tersedot™ 2012 | Sitemap