Pengaruh Monitor CRT Terhadap Mata dan Cara Mengatasinya

monitor CRT
Pengaruh monitor CRT terhadap mata dan cara mengatasinya. Monitor meupakan perangkat komputer yang sangat penting (ya iya lah) yang berfungsi untuk menampilkan gambar dari CPU. Monitor saat ini mengalami perkembangan mulai dari CRT (Cathode Ray Tube) atau yang lebih dikenal dengan monitor tabung. Setelah CRT kini muncul layar dengan ukuran yang lebih ramping yaitu LCD (Liquid Cristal Display). Selain lebih ramping layar LCD mampu menampilkan gambar yang lebih baik dibanding dengan CRT.

Monitor yang memakai sistem CRT bekerja dengan cara memancarkan elektron. Elektron-elektorn tersebut kemudian menyapu layar dari kiri ke kanan dengan jalur dari atas ke bawah yang disebut dengan raster. Tabung sinar katoda merupakan tabung pembungkus yang terbuat dari kaca dan mengandung susunan penembak elektron dan mengeluarkan berkas-berkas elektron yang diarahkan ke layar flouresen. Bila berkas tersebut terkena cahaya, maka layar akan mengeluarkan sinar dengan gelombang yang lebih panjang.

Pengaruh Monitor CRT Terhadap Mata dan Cara Mengatasinya

Pancaran-pancaran elektron ini akan menimbulkan cahaya yang terang tergantung pada intensitas pancaran elektron tadi. monitor pada umumnya memiliki laju penyegaran (vertical scan rate) 60 Hz, yang maksudnya laya disegarkan kembali sebanyak 60 kali per detik. Jika laju penyegaran rendah, akan mengakibatkan layar berkedip-kedip. Hal ini tentunya akan membuat mata menjadi cepat lelah. Akan tetapi jika kita menggunakn monitor CRT dengan vertical scan rate tinggi maka akan lebih baik untuk kesehatan mata kita.

Jika sobat masih menggunakan monitor CRT sebaiknya sobat segera menggantinya dengan monitor LCD untuk meminimalisir gangguan kesehatan mata. Namun bagi yang masih menggunakan monitor CRT sebaiknya mengikuti tips berikut untuk mengatasi atau melindungi kita dari radiasi monitor.

Pengaruh Monitor CRT Terhadap Mata dan Cara Mengatasinya

  1. Segera ganti layar monitor anda dengan LCD, karena selain lebih aman layar LCD juga memiliki kualitas gambar jauh lebih baik.
  2. Jika sobat masih menggunakan monitor tabung lebih baik memilih vertical scan rate di atas 75Hz atau lebih. Karena refresh rate yang terlalu rendah dapat merusak mata kita.
  3. Jaga jarak antara monitor dari mata anda, jarak minimal yang baik adalah 30-40 cm.
  4. Jangan menyalakan monitor terlalu terang karena akan mengganggu mata.
  5. Jangan menggunakan monitor di tempat yang gelap. Pastiakan pencahayaannya cukup.
  6. Istirahatkan mata pada interval tertentu. Misalnya setiap satu jam sekali.
  7. Posisi mata dengan layar ushakan lurus.
  8. Jangan lupa mengedipkan mata untuk menyegarkan keadaan mata agar tidak cepat lelah.
Pengaruh monitor CRT terhadap mata dan cara mengatasinya. Dan jika sobat dhany sharing masih memiliki tips lain silahkan ditambahkan sendiri. Dengan melakukan langkah-langkah di atas semoga bisa meminimalisir gangguan kesehatan mata karena penggunaan komputer. 

Dikutip dari berbagai sumber.
Artikel ini ditulis oleh dengan judul artikel Pengaruh Monitor CRT Terhadap Mata dan Cara Mengatasinya
 
Copyright © Tersedot™ 2012 | Sitemap