Cara Merawat Harddisk Agar Tidak Bad Sector

harddisk
Cara Merawat Harddisk merupakan hal utama agar hardisk kita tidak mengalami bad sector. Hardisk merupakan tempat utama penyimpanan data pada komputer kita, itu artinya jika harddisk kita mengalami error maka keamanan file-file kita akan terancam rusak bahkan hilang. Umur hardisk rata-rata hanya 3-5 tahun saja, namun dengan perawatan yang baik maka tidak menutup kemungkinan hardisk kita akan lebih awet.
Berikut adalah sedikit tips merawat hardisk :
  1. Bedakan Partisi System dan Data : Membedakan partisi antara file sistem dan data akan meringankan kinerja hardisk, karena dapat meringankan pembacaan/penulisan pada hardisk selain itu juga dapat memudahkan anda dalam mengakses data. Keuntungan lain dari menerapkan teknik ini yaitu, file kita akan lebih aman jika suatu saat file system mengalami error dan terpaksa harus diformat, maka file kita tidak ikut terformat.
  2. Sirkulasi Udara : Kondisi komputer yang panas tidak baik untuk hardisk dan komponen pendukung lainnya. Meskipun hardisk sudah dilengkapi dengan kipas, namun jika sirkulasi udara tidak bisa berjalan dengan baik maka tentu saja akan tetap panas. Maka settingnya komputer anda agar udara bisa keluar masuk dengan baik sehingga kondisi komputer anda akan tetap terjaga.
  3. Waspada Listrik Mati : Inilah faktor utama yang menyebabkan hardsik bad sector. Logikanya, saat komputer menyala tentu saja hardisk ikut bekerja, lalu tiba-tiba listrik mati maka sama saja dengan mematikan harddisk yang sedang bekerja secara paksa. Anda tahu sendiri kan apapun yang dilakukan secara paksa pasti hasilnya tidak baik. Solusinya hindari penggunaan komputer saat rawan listrik padam seperti saat mendung atau hujan. Bagi anda yang memiliki kocek lebih, alangkah baiknya membeli UPS. 
" Tambahan "  Cara Merawat Harddisk Agar Tidak Bad Sector
  1. Defrag Secara Berkala : Dengan melakukan tips ini insyaallah harddisk anda akan bekerja lebih optimal. Caranya : Klik Start > Program > Accessories > System Tool > Disk Defragmenter. Atau anda juga dapat mendownload software defragger yang banyak beredar di internet.
  2. Bersihkan File Tidak Berguna : Download dan instal software CCleaner (gratis) untuk membersihkan hardisk anda dari file-file tidak berguna, misalnya sisa-sisa internet dll.
  3. Monitoring : Gunakan software monitoring untuk memantau kesehatan hardsik anda. Software sejenis ini banyak sekali beredar di mbah google misalnya Acronis Drive Monitor atau Hardrive Monitor.
Itulah sedikit Trik Merawat Harddisk Agar Tidak Bad Sector. Semoga bisa meminimalisir terjadinya bad sector pada hardisk anda. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan di share dimana saja, namun saya mohon jangan lupa mencantumkan link sumber. 
Artikel ini ditulis oleh dengan judul artikel Cara Merawat Harddisk Agar Tidak Bad Sector
 
Copyright © Tersedot™ 2012 | Sitemap